Selasa, 13 Oktober 2009

Menjadi sahabat yang baik

Meski ini bukan harga mati, jika anda ingin menjadi sahabat yang baik buat orang-orang di sekeliling anda, namun uraian di bawah ini bisa menjadi patokan.

1. Bersikaplah terbuka. Keterbukaan tidak saja akan membuat sahabat anda lebih mengenal anda , tetapi anda juga akan lebih mengenal diri sendiri. Ungkapkanlah perasaan, keinginan dan harapan-harapan anda. Hanya dengan keterbukaan , anda bisa bicara dari hati kehati, dan itu sangat penting bagi keintiman persahabatan.

2. Ciptakanlah keseimbangan antara memberi dan menerima. Anda tidak cukup hanya berperan sebagai pemberi tanpa menerima atau hanya sebagai penerima tanpa memberi. Hal ini menyangkut aspek yang luas, termasuk berbagi kegembiraan dan kesedihan.

3. Terimalah sahabat anda sebagaimana adanya. Jadilah sahabatnya tanpa menuntutnya berubah sesuai keinginan anda. Mungkin dia terlalu cerewet, agak cuek, sangat sensitif atau matre. Dia memang tidak sempurna dan mungkin sering melakukan hal-hal yang anda tidak sukai. Namun jangan lupa, andapun tidak luput dari kelemahan dan kekurangan

4. Bila sahabat anda mempunyai sifat atau kebiasaan yang umumnya tidak disukai orang lain dan bisa menghambat pergaulannya, ingatkanlah dia pada waktu yang tepat. Barangkali selama ini dia tidak menyadari atau belum pernah ada seorangpun yang mengkritiknya. Kalau diperlukan, berilah saran dan biarkan dia berubah sedikit demi sedikit. Supaya fair, boleh juga anda memintanya mengkritik anda.

5. Bermurahhatilah. Ulurkanlah tangan ketika ia memerlukan bantuan, hiburlah ketika dia sedang sedih, dengarkanlah ketika dia mencurahkan isi hatinya, temanilah ketika dia mengalami masa-masa sulit, doronglah semangatnya dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar